25 Aug, Sunday
° C
Top

Sosialisasi Program P4GN, Ratusan Warga Ikut Pengobatan Gratis Di BNN Lido

Dinamikabogor.com, Cigombong – Ratusan warga di empat desa di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, mendapatkan pemeriksaan kesehatan berupa pengobatan gratis dari Balai Besar Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Lido. Kegiatan bakti sosial (Baksos) yang dilaksanakan di GOR Futsal BNN Lido itu, sekaligus memberikan pengetahuan tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Natkoba (P4GN) khususnya tentang rehabilitasi kepada warga sekitar.

Kepala BNN Lido, Ali Azhar mengatakan, dikegiatan Baksos yang dilaksanakan Balai Besar Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Lido kali ini, mengundang warga untuk mengikuti pengobatan gratis, baik itu warga di Desa Srogol, Wates Jaya, Ciburuy dan Cigombong.

“Kami undang warga yang ada di sekitar lokasi Balai Besar Rehabilitasi BNN Lido,” ujarnya kepada wartawan usai membuka kegiatan Baksos, Selasa (30/6).

Menurutnya, pengobatan gratis ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang (P4GN) khususnya tentang rehabilitasi kepada warga. Hal ini merupakan edukasi kepada masyarakat agar dapat mengetahui terhadap pencegahan penyalahagunaan narkoba.

“Kami juga memberikan pemahaman akan bahaya narkoba serta mengenai balai besar rehabilitasi ini. Dengan kata lain, jika ada anggota keluarga mereka terlibat penyalahgunaan atau terlanjur jadi pecandu narkoba segera dibawa ke balai besar. Bagi yang mengetahui ada kejahatan narkoba, laporkan ke pihak aparat penegak hukum,” papar Ali Azhar

Selain itu, lanjut Ali Azhar, dalam kegiatan ini bukan hanya sekedar memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat. Tapi, lebih kepada bagaimana mendeteksi dini kepada keluarga atau desa yang ada diwilayah Cigombong bersih dari narkoba.

“Kedepan, rencananya kami juga akan mengadakan khitanan gratis buat warga sekitar. Bagaimanapun ini merupakan bentuk pengabdian kami kepada masyarakat. Sebaliknya, masyarakat juga harus bisa membantu program P4GN, terutama bagi rehabilitasi yang ada di balai besar ini. Mengingat, klien kami terbanyak dari Sumatera Utara, DKI, Sumatera Selatan, Jawa Barat dan NTB,” jelasnya.

Ali Azhar meminta agar masyarakat Jawa Barat ikut pro aktif dalam menanggulangi program P4GN, sehingga tercipta masyarakat yang bersih dari narkoba dengan memanfaatkan balai besar ini terutama bagi generasi muda.

“Jadilah generasi bangsa yang produktif dan sehat. Termasuk berperan aktif melaksanakan program P4GN serta menjadi penggiat anti natkoba. Kemudian, kami berharap, mereka bisa melaporkan kepada aparat penegak hukum bila ada kejahatan narkoba disekitarnya. Mari bawa keluarga atau warganya yang terlanjur jadi pecandu narkoba untuk di rehabilitasi di balai besar ini tanpa dipungut biaya alias gratis,” tukasnya.

DEDE BORIS

What's your reaction?

Post a Comment