25 Aug, Sunday
° C
Top

Pembentukan BumDes Ciadeg Jadi Ajang Bancakan

Dinamikabogor.com, Cigombong – Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Ciadeg, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor yang bersumber bantuan dari pemerintah pusat melalui program Dana Desa (DD) anggaran tahun 2018, diduga jadi ajang bancakan oknum pemerintahan desa setempat. Sebab, usai dibentuk, sampai saat ini keberadaan BumDes tersebut tidak ada kejelasan, baik program kerja hingga belum terbentuknya struktur organisasi tersebut.

Sekretaris Desa (Sekdes) Ciadeg, Parman mengaku tidak tahu menahu masalah BumDes yang sudah terbentuk itu. Karena, sampai sekarang untuk struktur organisasinya belum diketahui.

“Saya tidak tahu apa-apa. Siapa saja pengurus BumDes sama sekali tidak tahu, karena belum ada laporan,” katanya kepada wartawan.

Namun, lanjutnya, terkait anggaran yang digelontorkan untuk pembentukan BumDes melalui DD, sekitar diangka besaran Rp.50 juta.

“Saya tahunya DD 2018 dialokasikan untuk membentuk BumDes sebesar itu,” kata Parman.

Selain itu, Parman pun mengeluhkan belum adanya arsip Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) penggunaan anggaran untuk pembentukan BumDes. Padahal, LPJ sangat penting dibuat oleh para pengurus organisasi badan usaha tersebut.

“Untuk lokasi kantornya saja saya tidak tahu dimana,” paparnya.

Sementara, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Ciadeg, Mano membantah jika dalam pembentukan BumDes telah terjadi penyelewengan anggaran.

“Bagaimana ada penyelewengan, untuk kemajuan BumDes saja belum maksimal,” kilahnya.

Akantetapi, Mano enggan menjelaskan terkait belum terbentuknya struktur organisasi serta badan hukum BumDes yang menghabiskan uang negara puluhan juta itu.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari dari Kepala Desa (Kades) Ciadeg, baik itu mantan maupun pejabat sementara (PJS).

DEDE BORIS

What's your reaction?

Post a Comment