20 Nov, Wednesday
° C
Top

Kecamatan Bogor Utara Buka Pelayanan Ekstra untuk Masyarakat

Dinamikabogor.com – Program Bogor Berlari yang digaungkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor di bawah kepemimpinan Bima Arya Sugiarto – Dedie A Rachim, diaplikasikan di semua sentra pelayanan organisasi perangkat daerah (OPD). 

Seperti yang dilakukan Kecamatan Bogor Utara. Terobosan dalam konteks meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kecamatan Bogor Utara mengeluarkan program pelayanan ekstra dengan menggratiskan beberapa pelayanan.

Camat Bogor Utara, Rahmat Hidayat mengungkapkan, bahwa program tersebut merupakan terobosan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat dan tepat.

Lanjut dia, ada beberapa pelayanan yang digratiskan, di antaranya perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), pengurusan Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Surat Pindah Domisili dan sebagainya.

Namun, kata mantan Kepala Bagian Administrasi Pengendalian Pembangunan (Adalbang) Sekdakot Bogor itu, untuk pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tidak termasuk pelayanan yang digratiskan karena ada retribusi.

“Ya, hampir semua pelayanan kami gratiskan, seperti perekaman e-KTP. Tapi hanya perekamannya saja karena untuk pencetakan tetap di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil),” kata Rahmat, baru-baru ini. 

Pelayanan ekstra ini dijadwalkan selama dua hari dalam sepekan dengan waktu pelayanan yang berbeda. Untuk Sabtu buka mulai pukul 8.30 hingga 12.00 WIB. Sedangkan pada Rabu dimulai pukul 16.30 hingga 21.00 WIB.

Pelayanan ekstra juga, sambung Rahmat, tidak hanya dilaksanakan di kantor kecamatan, akan tetapi di semua kantor kelurahan di lingkup Kecamatan Bogor Utara. 

“Jadi ada petugas khusus yang stanby di kantor kecamatan maupun kelurahan. Semoga dengan program kami ini, masyarakat akan terbantu dan mudah mendapat pelayanan,” imbuhnya.

Rahmat menandaskan, bahwa masyarakat harus mendapat pelayanan secara adil, mudah dan cepat. Ia juga berharap dengan terobosan yang diciptakannya, masyarakat tidak lagi kesulitan dalam mendapatkan haknya, yakni pelayanan dari pemerintah. (Haris)

What's your reaction?

Post a Comment