25 Aug, Sunday
° C
Top

Kapolsek Caringin Jamin Keamanan Masyarakat Saat Pilkades

Dinamikabogor.com, Caringin – Jaminan keamanan terhadap masyarakat yang pada bulan November 2019 akan memilih calon kepala desa, menjadi kewajiban aparat Kepolisian. Hal itu ditegaskan Kapolsek Caringin, AKP Dandan Nugraha Gaos saat menghadiri pembentukan dan pelantikan panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Caringin, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jumat (2/8).

Menurutnya, masyarakat yang di desa nya akan melaksanakan Pilkades secara serentak bulan November nanti, harus melaporkan apabila di wilayahnya ditemukan ada kerusuhan yang berakibat terhadap keamanan.

“Masyarakat tidak usah takut, kalau memang ada ancaman atau intimidasi dari salah satu calon maupun tim sukses dalam menentukan hak pilih, tinggal melaporkan saja kepada kami,” kata Dadan.

Kapolsek Caringin pun menegaskan, untuk terciptanya keamanan serta suksesnya pelaksanaan Pilkades di Kecamatan Caringin, pihaknya akan menerjunkan anggota ketiap wilayah yang akan melaksanakan pesta demokrasi.

“Kami ingin pesta demokrasi delapan desa di Kecamatan Caringin, baik Desa Caringin, Pasir Muncang, Tangkil, Pasir Buncir, Cimande, Ciherang Pondok, Muara Jaya dan Ciderum, sukses tanpa ekses. Masyarakat juga bisa memilih sesuai pilihannya tanpa ada ancaman dari siapa pun,” jelas Dadan.

Selain itu, lanjut Dadan, pihak Muspika Caringin akan memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap desa yang dalam melaksanakan Pilkades, berjalan dengan aman dan damai.

“Desa yang sukses melaksanakan Pilkades tanpa ada ekses, nanti akan diberikan penghargaan oleh pak camat,” candanya sambil meminta pendapat Camat Caringin, Rumambi.

Sementara, Pjs Desa Caringin, Momo mengatakan, tujuan pembentukan panitia Pilkades untuk melaksanakan proses kegiatan pemilihan yang akan dilaksanakan pada Nopember 2019 nanti.

“Pembentukan hingga pelantikan panitia ini sudah menggunakan mekanisme yang ada. Untuk formasi panitianya terdiri dari unsur BPD, LPM, pemerintah dan masyarakat,” paparnya.

Ia meminta, para panitia yang sudah dikukuhkan dan diambil sumpahnya, dapat melaksanakan tugas pokoknya sebaik mungkin dengan penuh amanah.

“Saya berharap, panitia bisa netral dalam melaksanakan tugasnya untuk masyarakat dengan amanah. Embanlah tugas ini sebaik mungkin demi terlaksananya Pilkades Caringin yang sukses, lancar dan aman tanpa ekses,” tukas Momo.

DEDE BORIS

What's your reaction?

Post a Comment