25 Aug, Sunday
° C
Top

Kader PAUD Ngeluh, Insentif Dari Desa Tak Pernah Turun

Dinamikabogor.com, Cigombong – Tidak adanya perhatian dari sebagian pemerintah desa (Pemdes) terhadap keberadaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, mencuat saat dilaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) ke 3 Kecamatan Cigombong, di Aula Masjid Al-Azzim, (2/7).

Seperti dikatakan, Sri, kader PAUD Trisan di Desa Pasir Jaya yang merasa selama berkecimpung di lembaga pendidikan tersebut, belum pernah merasakan perhatian dari Pemdes setempat.

“Kalau desa saya di Pasir Jaya, belum ada perhatiannya sama sekali,” akunya saat mendampingi Ketua Himpaudi terpilih periode 2019-2023 di Kecamatan Cigombong.

Selain Sri, hal sama juga di jelaskan Jubaedah, kader PAUD Riyadatul Ulum, Kampung Loji, Desa Pasir Jaya. Menurutnya, semua kader PAUD tidak pernah mendapatkan perhatian dari Pemdes. Padahal, untuk kader PAUD di desa lain di Kecamatan Cigombong, mendapatkan perhatian.

“Yang saya tahu sih di desa lain kader PAUD mendapatkan insentif. Tapi di desa saya tidak ada sama sekali,” paparnya.

Kader PAUD Cantika 2 di Desa Cigombong, Wati membenarkan adanya insentif yang diberikan pihak desa setiap turunya Anggaran Dana Desa (ADD) setiap empat bulan sekali.

“Setiap turun ADD saya selalu mendapatkan insentif dari desa sebesar 200 ribu. Walaupun satu bulan hanya 50 ribu. Dibandingkan desa lain,
alhamdulillah masih ada perhatian dari desa saya berbarengan dengan kader PKK,” akunya yang juga diamini kader PAUD Aulia di Desa Ciburayut dan Ketua Himpaudi Kecamatan Cigombong terpilih, Herawati.

Penilik PAUD Kecamatan Cigombong, Asep menjelaskan, sesuai dengan aturan pemerintah, peran serta desa dalam memberikan perhatian kepada para kader PAUD di wilayahnya, sudah tertera didalam juklak dan juknis.

“Di juklak dan juknis ADD setiap desa, itu sudah di anggarkan untuk para kader PAUD, berupa insentif. Makanya aneh saja kalau masih ada kader PAUD yang tidak diberikan hak nya oleh desa,” tukasnya saat menghadiri kegiatan Muscab Himpaudi Kecamatan Cigombong.

DEDE BORIS

What's your reaction?

Post a Comment