20 Sep, Friday
° C
Top

Hadir Program Bayi Tabung Pertama di Kota Bogor

Dinamikabogor.com – Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Nuraida hadir dengan memiliki berbagai program ataupun layanan kesuburan bagi pasangan suami istri yang memiliki masalah terhadap kesuburan.

Wakil Direktur RSIA Nuraida dr Mukhsin Kurnia MARS mengatakan, bahwa RSIA merupakan rumah sakit pertama yang memiliki program bayi tabung di Kota Bogor.

“Insya Allah kalau ini berhasil ini yang pertama dan setau saya ini juga klinik kesuburan yang dikelola secara medis satu-satunya di Kota Bogor,” kata Mukhsin usai peresmian RSIA Nuraida di Jalan Ahmad Sobana, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Rabu 19 Juni 2019. 

Dijelaskan olehnya, program yang dimiliki RSIA Nuraida untuk membantu pasangan suami istri yang kesulitan memiliki anak. Program yang nantinya akan mulai dijalankan tahun ini adalah program bayi tabung atau yang memiliki nama media in vitro fertilization (IVF).

“Program bayi tabung ini ihtiar, ini kita lakukan memang bila cara-cara lain sudah ditempuh misalkan karena ada kendala sumbatan atau ada kendala lain kesuburan yang mengharuskan itu dan itu atas diagnosis dari dokternya. Tentunya masalah kseburuan ini yang utama kita konsuktasikan kepada dokter yang memahami,” paparnya.

Muksin lanjut menyampaikan, bahwa program bayi tabung ini sebagai bentuk ikhtiar tidak memiliki jaminan atau kepastian akan berhasil, karena tingkat keberhasilan bayi tabung sendiri 30 – 40 persen.

“Saya juga perlu sampaikan terkait bayi tabung, ini merupakan ihtiar dari angka keberhasilan dari satu siklus bayi tabung sekarang itu sekitar 30 -40 persen. Jadi harus dengan kita kelola dan dipersiapkan dengan baik,” katanya.

Menurutnya, tingkat keberhasilan bayi tabung hanya 30 – 40 persen dikarenakan biasanya dari pasangannya baik laki laki atau perempuan punya masalah. “Jika siklus pertama belum berhasil maka akan dicoba dengan siklus selanjutnya,” imbuhnya.

Untuk biaya sendiri program bayi tabung memiliki biaya sekitar Rp 40 juta. Pembiayaan tersebut sudah mencakup seluruh persiapan dan tahapan proses bayi tabung. (Haris)

What's your reaction?

Post a Comment