20 Sep, Friday
° C
Top

Final Nasional Cat® Global Operator Challenge, Trakindo Dukung Peserta ke Tingkat Dunia

Dinamikabogor.com, Jakarta – Ajang kompetisi Cat Global Operator Challenge yang dihadirkan oleh PT Trakindo Utama (Trakindo) telah memasuki babak final tingkat nasional. Delapan kontestan dari berbagai wilayah di Indonesia siap menghadapi tantangan berikutnya pada kompetisi yang digelar di Trakindo Training Center Cileungsi. Persaingan pada tingkat ini akan menentukan tiga operator alat berat terbaik untuk mewakili Indonesia pada babak selanjutnya, yaitu persaingan tingkat regional yang akan digelar di Jepang pada November 2019.

Rozy Andrianto, Division Head Construction Industry Marketing Trakindo menjelaskan, babak penyisihan kompetisi Cat Global Operator Challenge telah sukses digelar di 4 wilayah di Indonesia yaitu Banjarmasin, Makassar, Yogyakarta, dan Palembang dengan tingkat partisipasi sejumlah lebih dari 70 operator alat berat.

“Kontestan yang berpartisipasi hari ini semua adalah pemenang, namun kami mencari yang terbaik dari yang terbaik untuk mewakili Indonesia,” jelas Rozy.

Pada kompetisi ini, berbagai konfigurasi rintangan baru disiapkan untuk membuktikan kemampuan terbaik peserta. Operator alat berat ditantang uji keandalan meliputi ketepatan, kegesitan, ketangguhan mental, fleksibilitas, juga kemampuan menggunakan fitur teknologi yang terintegrasi untuk meningkatkan kinerja dengan menggunakan berbagai jenis alat berat Cat, sembari menjaga aspek keselamatan kerja.

Menanggapi peluang peserta Indonesia pada kompetisi tingkat dunia, Rozy menegaskan, ragam industri yang ada di Indonesia membuat operator alat berat tanah air memiliki kemampuan tinggi dan dapat beradaptasi dengan cepat menyesuaikan kondisi lapangan dalam menyelesaikan berbagai tantangan.

“Kami optimistis pemenang babak final tingkat nasional hari ini bisa kembali berprestasi di tingkat selanjutnya; mengharumkan nama Indonesia dalam bidang operator alat berat di tingkat Asia, maupun dunia,” ujar Rozy.

Kompetisi ini merupakan bagian dari acara Cat Global Operator Challenge yang diselenggarakan oleh Caterpillar pada tingkat dunia. Para kontestan yang berhasil lolos pada babak final tingkat regional akan mengikuti final tingkat dunia yang diadakan di Conexpo-Con/Agg, Las Vegas, Amerika Serikat, pada Maret 2020. Sebagai hadiah utama sekaligus apresiasi terhadap pemenang di tingkat dunia juga akan berhak mendapatkan hadiah perjalanan “VIP” gratis ke fasilitas Caterpillar sesuai pilihannya.


Gelaran Cat Global Operator Challenge di Indonesia ini merupakan bentuk komitmen berkelanjutan Trakindo dalam mendukung peningkatan prestasi operator alat berat.

“Operator adalah salah satu elemen terpenting dalam kesuksesan pekerjaan industri yang melibatkan alat berat. Semakin andal seorang operator dalam mengoperasikan alat berat, akan semakin besar pengaruh terhadap peningkatan produktivitas pekerjaan. Melalui kompetisi ini, kami berharap dapat mendorong semangat para operator tanah air untuk terus meningkatkan kualitas dan kemampuannya dalam mengoperasikan alat berat, dan meningkatkan produktivitas pekerjaan,” tutup Rozy.

Sekadar informasi, PT Trakindo Utama adalah penyedia solusi alat berat Caterpillar yang berkelas dunia di Indonesia. Didirikan pada tahun 1970 oleh pencetusnya, AHK Hamami, Trakindo kemudian menjadi distributor resmi untuk Caterpillar di tahun 1971. Trakindo memiliki fasilitas yang berkelas internasional serta jaringan luas di lebih dari 60 cabang di seluruh Indonesia, untuk melayani dan memajukan seluruh pelanggannya dari Sabang sampai Merauke. Dukungan alat berat yang dimiliki Trakindo diperuntukkan bagi industri pertambangan, konstruksi, kehutanan dan perkebunan, kelautan, minyak dan gas bumi, serta kelistrikan.

(*/EDWIN)

What's your reaction?

Post a Comment