25 Aug, Sunday
° C
Top

Ade Yasin Akan Usulkan ke Presiden, Caringin dan Cigombong Jadi KEK

Dinamikabogor.com, Caringin – Wilayah selatan Kabupaten Bogor yang memiliki potensi pariwisata alam maupun air, menjadi perhatian serius Bupati Bogor, Ade Yasin. Tidak tangung-tangung, untuk menjaga kekayaan alam maupun air di wilayah yang terdapat 7 kecamatan itu, orang nomor satu di Bumi Tegar Beriman akan mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar dua kecamatan, yakni Kecamatan Caringin dan Cigombong menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Ade Yasin mengatakan, usulan agar Kecamatan Caringin menjadi KEK bukan tanpa alasan. Sebab, di wilayah Caringin banyak sektor pariwisata yang saat ini menjadi tujuan wisata, seperti adanya wisata rafting yang memanfaatkan Sungai Cisadane. Dengan begitu, kondisi tersebut tentunya akan berdampak positif terhadap masyarakat.

“Saya tidak ingin wilayah Caringin ini menjadi area tambang batu, tanah ataupun air. Makanya saya akan mengusulkan ke Presiden Jokowi agar Caringin menjadi KEK Pariwisata dan Budaya,” ujarnya usai menghadiri kegiatan Rebo Keliling (Boling) di Kinasih Resort Caringin-Bogor, Rabu (10/7) siang.

Menurut Bupati Bogor, untuk mendukung KEK di sektor pariwisata dan budaya tersebut, mulai dari aparatur pemerintahan tingkat kecamatan dan desa serta masyarakat, harus menjaga kondisi kekayaan alammnya, termasuk keberadaan Sungai Cisadane.

“Untuk itu kita harus menjaga kekayaan atau konservasi alam seperti halnya usaha arung jeram, kondisi Sungai Cisadane juga harus bersih. Karena Sungai Cisadane, sawah dan hutan ini akan menjadi penunjang berkembangnya sektor pariwisata,” paparnya.

Ade Yasin menyatakan, di era kepemimpinannya saat ini, pembangunan akan dilakukan secara sustainable atau berkelanjutan hingga tidak ada lagi izin untuk usaha tambang terutama yang merusak lingkungan.

“Melalui pembangunan yang berkelanjutan itu, nantinya untuk anak cucu kita. Kita tidak ingin mengekplorasi tambang batu, tanah dan air hingga Kecamatan Caringin dan Kabupaten Bogor mengalami kekeringan. Sementara izin eksplorasi tambang tidak akan mudah, bagi yang ilegal saya minta Satpol PP untuk menindaknya,” tegasnya.

Untuk mewujudkan Kecamatan Caringin menjadi KEK, Ade Yasin berjanji akan mendukung sepenuhnya dengan cara menganggarkan bantuan sebesar Rp.1 miliar setiap desa pertahun untuk pembangunan infrastruktur.

“Bantuan anggaran sebesar itu, untuk pembangunan infrastruktur jalan maupun jembatan sebagai akses di desa-desa. Bila infrastruktur nya bagus, saya yakin perekonomian masyarakat akan meningkat,” tukasnya.

DEDE BORIS

What's your reaction?

Post a Comment